PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Kota Jambi)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara
kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogic guru di Sekolah
Dasar Islam Terpadu Kota Jambi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian
kuantitatif. Populasinya adalah seluruh guru di SDIT Jambi Islamic School dan
SDIT Nurul ‘Ilmi Jambi yang jumlah keseluruhannya sebanyak 78 guru.
Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui penyebaran angket pada 78
orang guru dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik sampling
jenuh dan diolah dengan analisis statistic deskriptif.
Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala
sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Kota Jambi memiliki skor mean sebesar
108.76 dan kompetensi pedagogic guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Kota Jambi
menunjukkan bahwa skor mean kompetensi pedagogic guru adalah 114.60. Adapun
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan
kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru. Dari hasil
analisis uji t, diperoleh t hitung sebesar 4.062 dan t tabel sebesar 0,67. Artinya,
pengaruh variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik
Guru disimpulkan signifikan karena thitung > ttabel, yaitu 4.062 > 0,67. Koefisien
determinasi sebesar 0,422 menerangkan bahwa 42% variansi variabel Kompetensi
Pedagogik Guru. Sehingga dapat disimpulkan bagwa terdapat pengaruh variabel X
secara signifikan terhadap variabel Y.