ANALISIS PEMBERDAYAAN GURU (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Uswah Jakarta Selatan)

Penulis

  • Nurhadi STAI AL QUDWAH DEPOK
  • Kholid Anwar Hidayat STAI AL QUDWAH DEPOK
  • Muhammad Sayid Naufal Zuhdi STAI AL QUDWAH DEPOK

Kata Kunci:

Analisis, Pemberdayaan Guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengenalisis pemberdayaan guru di SDIT AlUswah Jakarta Selatan. Penelitian menggunakan kualitatif dengan metode
deskriptif, dalam perolehan data di sekolah peneliti menggunakan yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi, dalam penelitian ini ada beberapa pihak yang terlibat
dalam perolehan data wawancara. yaitu kepala sekolah, guru, da siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : Untuk meningkatkan mutu pendidikan,
diperlukan strategi yang tepat untuk memperkuat guru melalui pemberdayaan guru.
Strategi Pemberdayaan: mendorong guru untuk terus memberdayakan diri melalui
belajar mandiri dan upaya mandiri. Mendorong partisipasi guru dalam berbagai
kegiatan pengajaran dan pendidikan. Mendorong tumbuhnya inovasi di kalangan
guru dengan memberikan kebebasan mengembangkan ide, pendekatan, metode,
dan strategi baru. Informasi memberi guru akses terhadap informasi seluas
mungkin. Mendorong guru untuk memiliki akuntabilitas tinggi.

Unduhan

Diterbitkan

25-06-2024