PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR (Studi Kasus di SMP TQT Madinatul Qur'an Depok Jawa Barat)

Penulis

  • Ridwan STAI Al Qudwah
  • Nana Supriatna STAI Al Qudwah
  • Nanang Rusmana STAI Al Qudwah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah Dalam
Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar, untuk mengetahui proses pelaksanaan
pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam penerapan kurikulum
belajar merdeka dan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam penerapan
kurikulum merdeka belajar di SMP TQT Madinatul Qur’an Depok. Penelitian ini
menggunakan metode field research (Penelitian lapangan) dengan pendekatan
deskriptif kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah metode
observasi, wawancara, dokumentasi dan Penelitian kepustakaan (Library research).
Observasi dilaksanakan sejak awal pengambilan judul dan wawancara yang
dilakukan kepada kepala Sekolah, Guru dan Siswa SMP TQT Madinatul Qur’an
Depok. Penelitian dilakukan selama smester genap (bulan Februari Sampai dengan
April 2023) tahun pelajaran 2022/2023. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa
Peran Kepala Sekolah dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP TQT
Madinatul Qur’an Depok sudah melaksanakan tugasnya dengan baik dan maksimal,
namun ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya, terutama dalam waktu yang
diberikan oleh bagian kurikulum.

Unduhan

Diterbitkan

20-12-2023