PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP KOMPETENSI GURU (Survai di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ummul Quro Depok)

Penulis

  • Nurhadi STAI Al Qudwah
  • Kingkin Wardaya STAI Al Qudwah
  • Ainulisan STAI Al Qudwah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi orang tua
terhadap kompetensi guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ummul Quro Depok.
Sekolah Dasar Islam Terpadu Ummul Quro Depok, Jl. Haji Sinda No.54 Beji,
Kota Depok, Jawa Barat.
Populasi dalam penelitian ini adalah 269 orang tua murid Sekolah Dasar
Islam Terpadu Ummul Quro Depok. Sampel penelitian diambil menggunakan
rumus Taro Yamane, sehingga dari 269 responden diambil sampelnya sebanyak 73
orang. Pengambilan data responden menggunakan metode kuesioner/angket yang
dianalisis dengan deskripsi analisis angka penafsiran dengan rumus M=∑F(X)/n,
dan dapat digunakan untuk menganalisis instrumen penelitian yang
menggambarkan bagaimana persepsi orang tua terhadap kompetensi guru.
Hasil penelitian menunjukkan persepsi orang tua terhadap kompetensi guru
untuk dimensi Kompetensi Pedagogik diperoleh angka penafsiran 4,20 dan untuk
dimensi Kompetensi Sosial diperoleh angka penafsiran 4,19. Berdasarkan skala
penilaian, maka menunjukkan bahwa persepsi guru baik untuk dimensi Kompetensi
Pedagogik dan Kompetensi Sosial. Sedangkan untuk dimensi Kompetensi
Kepribadian diperoleh angka penafsiran 4,33 dan untuk dimensi Kompetensi
Profesional diperoleh angka penafsiran 4,21. Berdasarkan skala penilaian, dapat
dilihat bahwa persepsi guru terhadap dimensi Kompetensi Kepribadian dan
Kompetensi Profesional adalah sangat baik. Secara keseluruhan persepsi orang tua
terhadap kompetensi guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ummul Quro Depok
adalah sangat baik.

Unduhan

Diterbitkan

20-12-2023