PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kuantitatif di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Fikri Boarding School Serang)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Fikri Boarding School Serang. Populasi dalam penelitian ini adalah 35 orang guru Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Fikri Boarding School Serang. Sampel penelitian menggunakan sampel sensus/sampling total dimana menjadikan seluruh populasi sebagai sampel
Hasil perhitungan Uji Persial (Uji T) dengan menggunakan bantuan SPSS 20, nilai Signifikansi pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah 0,000 dimana nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru.
Hasil persentase dari jawaban angket kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru yang diujikan menggunakan uji koefisien determinasi dengan SPSS 20 yaitu sebesar 0,637 dimana pengaruh variabel X (kepemimpinan kepala sekolah) terhadap variabel Y (kinerja guru) sebesar 63,7% sedangkan 36,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertam Islam Nurul Fikri Boarding School Serang memiliki pengaruh yang kuat dari jumlah keseluruhan 100%.