A MANAJEMEN KINERJA GURU (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Sains Al-Qur’an Al-Abror Depok)

Penulis

  • Sobirin STAI Al Qudwah
  • Muhammad Andi Juandi STAI Al Qudwah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Manajemen kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Sains Al Qur’an Al Abror dalam lingkup proses pembelajaran, (2) Kendala dalam menjalankan manajemen kinerja disekolah ini, (3) Solusi dalam mengatasi permasalahan dari penerapan manajemen kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Sains Al Qur’an Al Abror. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu  Sains Al-Qur’an Al-Abror Depok dengan menggunakan metode kualitatif dengan mewawancarai  8 orang SDM di SMP IT Sains Al-Qur’an Al-Abror Depok yang dilakukan pada bulan Februari sampai Juli 2022.

            Hasil temuan penelitian menunjukan (1) Manajemen Kinerja Guru di SMP IT Sains Al-Qur’an Al-Abror Depok masih belum optimal dan perlu adanya  upgrading terhadap guru-guru di SMP IT Sains Al-Qur’an  supaya bisa mengerjakan administrasi lebih rapih dan disiplin waktu juga. (2) Faktor-faktor yang menjadi kendala di SMP IT Sains Al-Qur’an Al-Abror  Depok diantaranya masih kurang dalam fasilitas tambahan bagi para guru, dan kurangnya kesadaran akan kedisiplinan dari para guru dan komunikasi juga kordinasi yang masih kurang baik. (3) Solusi yang dilakukan  oleh  Kepala sekolah adalah, menjadi penjembatan bagi para guru yang masih kekurangan fasilitas tamabahan, melakukan beberapa hal dalam memperbaiki komunikasi dan kordinasi yang baik  antara kepala sekolah dan para guru, begitupun guru dengan guru yang lain, dan selalu mengadakan pertemuan diluar jam kerja bertujuan memberikan arahan ataupun motivasi .

Beberapa saran yang dapat diberikan penelitian ini diantaranya (1) Hendaknya meminimalisir kendala yang ada dalam manajemen kinerja guru di SMP IT Sains Al-Qur’an Al-Abror Depok dengan mengadakan upgrading terhadap para guru, memperbaiki lagi komunikasi anatara guru dengan dan guru dengan kepala sekolah, meberikan dukungan penuh dengan mengadakan fasilitas tambahan, dan memberikan sistem yang baku dan tegas atas setiap pelanggaran yang dilakukan oleh para siswa. (2) Hendaknya solusi dalam mengatasi hambatan lebih mengarah visi yang lebih jauh dengan memberikan pendidikan lanjut kepada SDM di SMP IT Sains Al-Qur’an Al-Abror Depok.

Unduhan

Diterbitkan

24-06-2023 — Diperbaharui pada 21-06-2023