ANALISIS PEMAHAMAN KETERAMPILAN DASAR GURU DALAM MENGAJAR (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Umar Bin Abdul Aziz Tajurhalang Bogor)
Abstrak
Keterampilan dasar mengajar merupakan keterampilan yang bersifat khusus
yang harus dimiliki oleh guru, agar dapat melaksanakan tugas mengajar secara
efektif, efisien, dan professional. Karena Hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk
melihat dan mengetahui sejauh mana pemahaman Keterampilan dasar mengajar
yang dimiliki guru di sekolah Dasar Islam Terpadu Umar bin Abdul Aziz. Metode
yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data di
dalam penelitian ini diambil dari teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Sedangkan analisis data yang dilakukan yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan
menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDIT Umar bin
Abdul Aziz sudah memahami Keterampilan dasar mengajar dimulai dari memilih
calon guru. Lalu, melakukan pengawasan baik yang terjadwal maupun yang tidak
terjadwal.
Setiap guru akan melakukan 3 langkah, yakni perancanaan, pelaksanaan dan
evaluasi. ke 8 aspek keterampilan dasar sudah diterapkan dengan baik oleh guru
didalam kelas walaupun masih adanya kendala. SDIT Umar bin Abdul Aziz juga
melakukan upaya peningkatan keterampilan dasar mengajar dengan 2 cara yakni,
sharing sesion antar guru yang dillakukan setiap bulan dan Upgrading guru yang
difasilitasi yayasan dengan melibatkan narasumber yang berkompeten dibidangnya.
Saran yang bisa di sampaikan peneliti yaitu, sekolah bisa melakukan observasi
pengelompokkan mana saja guru yang memang terkendala di bagian administrasi
perencanaan ataupun dibagian pelaksanaan pembelajaran seperti mengelola kelas.
Dan sekolah dapat menambahkan prasarana seperti infokus dan komputer untuk
bisa digunakan sebagai alat atau media pembelajaran yang berbasis teknologi.