ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI (Studi Kasus Praktik Penjualan Sapi Peternakan Yayasan Ma’had Utsmani Kayuagung, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan)

Penulis

  • Nurhamidah STAI AL QUDWAH DEPOK
  • Hidayatur Rahman STAI AL QUDWAH DEPOK
  • Ahmad Masykur STAI AL QUDWAH DEPOK
  • Imam Fadhilah Utama STAI AL QUDWAH DEPOK

Kata Kunci:

Etika Islam, Jual Beli

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika Islam dalam
transaksi jual beli. Penelitian ini dilaksanakan di peternakan sapi Yayasan Ma’had
Utsmani dengan menggunakan metode kualitatif dengan mewawancarai 7 orang
informan dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukan adanya penerapan
etika islami pada transaski jual beli sapi. Dalam 4 aspek yaitu etika terkait niat dan
tujuan bisnis, etika terkait produk bisnis, etika terkait penentuan harga, dan etika
terkait asas saling kerelaan. Penerapan etika Islam menghasilkan dukungan yang
baik dari para konsumen yang secara langsung berperan dalam pengembangan
usaha Ma’had Utsmani.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-25