MANAJEMEN PEMASARAN JASA (Studi Kasus Travel Haji dan Umrah PT. Hisar Global Indonesia, Jakarta)

Penulis

  • Laelah Purnamasari STAI Al Qudwah
  • Kalam Setia Purba STAI Al Qudwah
  • Haikal Ibrahim STAI Al Qudwah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui managemen pemasaran jasa Tour
Travel Haji dan Umroh pada PT. Hisar Global Indonesia. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data
yang dipakai adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara
dilakukan kepada pimpinan perusahaan, staff perusahaan, 2 jamaah umroh dan 1
jamaah haji di PT. Hisar Global Indonesia. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan
(bulan Desember 2021 sampai dengan Maret 2022).
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa managemen pemasaran jasa
Tour Travel Haji dan Umroh pada PT. Hisar Global Indonesia, yang meliputi
perencanaan pemasaran, implemetasi pemasaran dan pengendalian atau evaluasi.
Kesimpulan yang diperoleh diantaranya; Manajemen pemasaran yang
dilakukan oleh PT. Hisar Global Indonesia sudah dapat dikatakan cukup baik, hal
itu ditandai dengan terealisasinya fungsi manajemen yang terlaksana oleh pihak
pengurus dari Travel tersebut, tersedianya puluhan ponpes Sulaimaniyah di seluruh
Indonesia dari aceh sampai makassar yang siap memasarkan paket-paket umroh PT.
Hisar Global Indonesia, dan memiliki program yang benar-benar berbeda dari
Travel lainnya. Disarankan; perusahaan juga harus memberikan porsi yang sama
pada marketing dan pemasaran untuk pasar diluar lingkungan pesantren
Sulaimaniyah, perusahaan harus terus memperluas pangsa pasar keseluruh
Indonesia dengan terus meningkatkan personal branding bagi perusahaan, juga
perlu melakukan pelayanan yang lebih maksimal terhadap jamaah umroh dengan
semakin ditingkatkannya sosialisasi, program dan pelayanan kepada jamaah umroh
yang market pasarnya lebih luas.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20